Senin, 19 September 2011

Artikel Berkah Puasa dan Lebaran untuk Usaha Kecil Peluang Untuk Pemerintah

Bulan penuh rahmat di setiap tahun selalu membawa berkah kepada setiap umat manusia seperti halnya pengusaha-pengusaha kecil yang meningkat nilai penjualannya dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Peningkattan ini terus berlanjut hingga hari raya dan masa liburan hari raya. Berkah ini tidak hanya dinikmati oleh pedagang-pedagang lama akan tetapi banyak muncul pedagang kagetan atau pedagang musiman yang menikmati lonjakan permintaan konsumen dari penganan berbuka puasa sampai dengan keperluan hari raya.
Momentum ini sangat baik jika pemerintah ikut mendukung para pengusaha kecil ini baik pengusaha lama maupun pengusaha dadakan baik sebelum momentum ini terjadi sehingga momentum ini telah terjadi. Jadi pemerintah jangan hanya sekedar menggelar pasar murah yang hanya berdampak sementara saja dan tidak berdampak bagi pertumbuhan usaha kecil dan pertumbuha dunia wirausaha.
Menurut pemikiran penulis ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh pemerinta baik sebelum maupun sesudah momentum itu terjadi antara lain:
Sebelum
1. Pemerintah menyediakan fasilitas yang memadai untuk masyarakat melakukan penjualan produknya
2. Pemerintah menyediakan sejumlah dana talangan yang didistribusikan melalui lembaga keuangan mikro, sehingga pengusaha kecil tersebut akan sepenuhnya dapat menggambil kesempatan musiman ini
Sesudah
1. Dengan banyaknya tumbuhnya pengusaha-pengusaha dadakan (baru) memberi peluang kepada pemerintah untuk dapat memotivasi dan memfasilitasi pengusaha baru tersebut untuk tetap dapat meneruskan usahanya tersebut.
2.Diperkirakan permintaan masyarakat akan turun drastis setelah lebaran ini yang dikarenakan sudah dioptimalkan di hari puasa dan lebaran yang akan berdampak pada turunnya pendapatan pemerintah sehingga pemerintah kembali harus membangkitkan sektor usaha yang tidak hanya terkait dengan sektor perdagangan.
Sudah barang tentu masih banyak lagi peran pemerintah yang dapat dilakukan dalam memanfaatkan momentum ini sehngga kesempatan untuk meningkatkan jumlah pengusaha kecil yang berjiwa wirausaha akan meningkat dengan cepat.
September 04, 2011    Sumber : Iskandarsyah Madji


Tidak ada komentar:

Posting Komentar